PON XX Papua: Menanti Aksi Hindriawati Di Semifinal

By Abdi Satria


nusakini.com-Jayapura-Hindriawati Haer telah menuntaskan tugas pertamanya di atas ring. Petinju putri andalan Sulawesi Selatan (Sulsel) itu mampu mengalahkan petinju tuan rumah Yusulina Balandina Matuba pada babak penyisihan cabang olahraga (Cabor) tinju PON XX 2021 Papua, Selasa (5/10/2021).

Pertarungan selanjutnya berlangsung di GOR APO Cendrawasih, Kota Jaya Pura, Kamis (7/10/2021). Indri, sapaan akrabnya sudah ditunggu petinju cantik andalan DKI Jakarta Novita Sinadia. 

Gadis kelahiran Tobelo, 30 Agustus 1996 ini adalah perah medali emas pada Pra PON Wilayah Timur dan Tengah di Ternate, September 2019. 

Inilah kali pertama kedua petinju putri ini bertemu di atas ring. Pada Pra PON di Ternate, kedua petinju ini tak sempat bertemu. Indri kalah di babak semi final ean hanya meraih medali perunggu. Sementara Novi, sapaanya lolos ke final. Ia meraih medali emas setelah mengalahkan Serly Kase wakil Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berkaca dari prestasi keduanya di Pra PON, di atas kertas Novi memang lebih diunggulkan. Namun Indri mengaku tak gentar.  

‘’Semua ditentukan di atas ring, bukan di atas kertas,” tegas petinju asal Kepulauan Selayar, Sulsel, ini saat ditemui di GOR APO Cendrawasih usai bertarung di babak penyisihan. 

‘’Persiapan yang kami lakukan sama seperti persiapan atlet-atlet lain di Indonesia dalam menghadapi PON. Yang pasti kami tidak pilih-pilih lawan. Siapapun kami siap hadapi,” timpal Dufri Masihor, eks petinju Indonesia peraih medali emas SEA Games 1997 di Jakarta. 

Inilah partai hidup mati bagi Indri dan Novi. Siapapun yang menang di partai ini satu tiket ke semifinal sudah di tangan. 

Selain Indri, di hari yang sama petinju Sulsel lainnya Haris Mogga juga akan naik ring. Ia turun di kelas 91 Kg. Lawan yang akan dihadapi adalah petinju kuat andalan tuan rumah, Papua, Erico Kevin, K Amanupunyo.

Keesokan harinya, Jumat (8/10/2021) petinju andalan Sulsel peraih medali emas dan petinju terbaik nasional Pra PON Ternate 2019, Josua Holi Masihor akan ditantang wakil Provinsi Bangka Belitung (Babel) Ade Ilham Tapajati.

Petinju lainnya John Yambe. Turun di kelas 75 kg atlet ia akan menghadapi petinju kuat dan berpengalaman wakil dari Jawa Barat, Michael Muskita asal Jawa Barat.(rls)